Resep: Sambal durian "tempoyak" Enak



Sambal durian "tempoyak". Sambal durian yang berasa gurih cocok di makan dengan lalapan. Bahan-bahan: – cabe merah – cabe hijau – cabe rawit – bawang merah – bawang putih – jahe. Tempoyak (Jawi: تمڤويق), asam durian or pekasam is a Malay condiment made from fermented durian.

Sambal durian "tempoyak" Bagi masyarakat Melayu di Bengkulu, Palembang, Lampung, Kalimantan dan Semenanjung Tempoyak biasa dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap. Tempoyak adalah jenis makanan dari bahan dasar buah durian atau duren fermentasi yang dapat diolah menjadi makanan lezat seperti; sambal, campuran pais atau pepes ikan. Sambal Tempoyak – made with nothing but salt, and pure durian flesh. Anda dapat membuat Sambal durian "tempoyak" menggunakan 6 bahan dan 4 langkah-langkah. Inilah cara membuatnya.

Resep Sambal durian "tempoyak"

Bahan yang dipake membuat Sambal durian "tempoyak"

  1. Siapkan of Durian pisah bijinya.
  2. Gunakan of Udang.
  3. Anda memerlukan of Petai.
  4. Anda memerlukan of Bawang putih, bawang merah, cabe rawit.
  5. Anda memerlukan of Gula, garam, kaldu.
  6. Gunakan of Minyak goreng.

Research before this trip to Malaysia eventually led to meeting up with several local people while there. Tempoyak merupakan masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi Tempoyak yang telah difermentasi, cocok untuk dibuat sambal. Karena asam dan masih ada rasa manisnya. Sambal Tempoyak Dapur Pok Man ni boleh dimakan terus bersama nasi sebagai penambah selera ataupun boleh dimasak.

Langkah-langkah membuat Sambal durian "tempoyak"

  1. Pisahkn bji durian ambil daging ny saja.
  2. Potong hlus bawang dan cabai.
  3. Siapkan udang yg sudah di bersihkn, bela2 petai menjadi 2.
  4. Tumis bawang sampai harum masukn udang tunggu layu masukan petai dan cabe rawit potong. Masak sampai agak layu, beri garam, gula, kaldu, masukn durian masak sampai durian berubah warna..

Kompas.com / gabriella wijaya Tempoyak menjadi sambal pendamping bagi gorengan pisang kepok dan pisang Tempoyak memiliki cita rasa pedas dari rawit bercampur dengan rasa manis dari durian. Resep sambal tempoyak ini Tian dapatkan sendiri dari keluarganya yang berasal dari Palembang. Sambal khas Palembang yang terbuat dari campuran cabai, bawang dan fermentasi durian ini. Sambal tempoyak memiliki rasa asam pedas, berasal dari sambal yang melewati proses Tempoyak atau durian yang telah difermentasi dibuat dengan mencampurkan daging buah durian. Bahan utama tempoyak adalah durian masak pohon atau durian yang agak berair.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *