Resep: Pepes/brengkesan tempoyak ikan patin sempurna



Pepes/brengkesan tempoyak ikan patin. Pepes ikan patin tempoyak merupakan makanan khas yang berasal dari daerah kota jambi. Mengapa?, Ikan yang dipilih adalah ikan patin karena memiliki tekstur dagingnya yang lembut, enak dan juga nikmat selain itu ikan patin memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang lebih tinggi. Pepes Ikan Patin Meanggunakan Tempoyak / fermentasi buah durian, cara masak di kukus atau di panggang menggunakan daun pisang.

Pepes/brengkesan tempoyak ikan patin Lumuri ikan patin dengan bumbu tempoyak. Lauk pepes ikan ini sangat mudah dibuat di rumah. Waktu memasaknya pun sesuai selera kita, jika tidak suka terlalu lunak kita bisa memperkirakan tingkat kematangannya. Anda dapat memasak Pepes/brengkesan tempoyak ikan patin menggunakan 9 bahan dan 5 langkah-langkah. Inilah cara membuatnya.

Resep Pepes/brengkesan tempoyak ikan patin

Bahan yang digunakan membuat Pepes/brengkesan tempoyak ikan patin

  1. Siapkan 1 ekor of ikan patin ukuran sedang (potong2).
  2. Anda memerlukan 1 lbr of daun kunyit (sobek2).
  3. Anda memerlukan Secukup of nya daun pisang(untuk membungkus).
  4. Anda memerlukan of Bumbu halus :.
  5. Siapkan 5 bh of cabai merah.
  6. Gunakan 10 bh of cabe rawit merah.
  7. Gunakan 1 btg of serai.
  8. Gunakan 2 sdm of tempoyak(durian yang di fermentasi).
  9. Siapkan of Gula dan garam (sesuai selera).

Ada banyak ragam pepes ikan yang bisa dicoba di rumah untuk menu makanan sehari-hari loh. RESEP BRENGKES, PEPES ATAU PAIS IKAN PATIN TEMPOYAK. Sebuah makanan bila dikombinasikan dengan rasa khas durian memang memberikan citarasa yang sangat mengagumkan. Begitu juga dengan masakan yang dikombinasikan dengan tempoyak.

Langkah-langkah membuat Pepes/brengkesan tempoyak ikan patin

  1. Blender jadi satu bumbu halus.
  2. Lumuri ikan dengan bumbu halus dan daun kunyit.
  3. Bungkus dengan daun pisang.
  4. Lalu kukus hingga matang kalau habis d kukus langsung dmkn jg bs mau di panggang lagi jg boleh,punya saya tak panggang lagi.
  5. Angkat dan sajikan dengan nasi hangat,maaf ini habis saya cicipin hehe enk si soal nya.

Pada dasarnya ikan patin adalah hewan yang aktif pada malam hari, omnivor dan terkadang muncul ke permukaan. Biasanya danau, sungai, waduk dan muara-muara menjadi habitat dari ikan ini. Setelah itu ikan patin yang dikukus tadi lalu ikatkan pada bambu, fungsi bambu sendiri agar memudahkan untuk membolak-balikan pada saat memanggangnya dan juga mampu bembuat masakan menjadi harum. Nota: Petua menghilangkan hanyir dan lendir ikan patin ialah dengan melumur ikan patin dgn tepung gandum. Lagi mujarab drpd menggunakan air asam jawa/asam limau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *